Thursday, 21 October, 2021

Proses Transformasi

METODE PENDIDIKAN

  1. Mempertahankan cara-cara lama yang baik, dan mengakomodasikan cara-cara baru yang lebih baik
  2. Mengacu kepada Efektifitas, Efesiensi, dan Akselerasi
  3. Berorientasi kepada tujuan tranportasi ilmu dengan pengembangan kepribadian
  4. Ditekankan kepada upaya-upaya keteladanan, pembiasaan, pembentukan moral, nasehat, pengarahan, penugasan, dan pengawasan.

MANAJEMEN

  1. Dilaksanakan secara modern dengan falsafah ikhlas, cerdas dan tangkas
  2. Meliputi manajemen administrative, oprasional, personalia dan edukatif
  3. Berorientasi pada upaya pelaksanaan tugas, pencapaian hasil, serta pengembangan dan pengamalannya ( task and achievement oriented )

SDM

Tenaga-tenaga Edukatif terdiri dari :

  1. Pimpinan dan Pengasuh Pesantren ( sebagai Central Figures ekaligus Moral Force bagi seluruh penghuni pondok )
  2. Para Kabid
  3. Asatidz
  4. Santri-santri senior

DANA DAN SARANA

  1. Diusahakan dengan cara-cara yang halal dan baik
  2. Dipisahkan secara tegas antara hak milik pribadidan hak milik pesantren
  3. Mengacu pada jiwa kemandirian dan Kesederhanaan
  4. Dikelola dengan manajemen yang modern dan amanah
  5. Tetap disikapi sebagai alat bukan tujuan

LINGKUNGAN

  1. Diciptakan untuk selalu edukatif dan kondusif
  2. Disikapi sebagai salah satu unsur komplementatif bukan suplementatif

SUPERVISI DAN EVALUASI

Supevisi Waktu

  1. Harian
  2. Mingguan
  3. Bulanan
  4. Semesteran
  5. Tahunan

Supervisi Bentuk

  1. Taftisy I’dad
  2. Naqd al-Tadris
  3. Ta’hil/ Taujih
  4. Kontrol koreksi guru
  5. Pengarahan terpadu mingguan (hari kamis siang)
  6. Rapat-rapat Koordinasi
  7. Evaluasi

Jenis

  1. Ujian Masuk
  2. Ujian Lanjutan
  3. Muraja’ah Ammah/ Mid Semester
  4. Ujian Semester
  5. Ujian akhir Semester / Niha’i

Bentuk

  1. Ujian Lisan ( Syafahi )
  2. Ujian Tulisan ( Tahriri )
  3. Ujian Praktek ( Tathbiqi )

PROGRAM PENDIDIKAN

  1. Mewujudkan generasi yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khairu ummah
  2. Mewujudkan generasi mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat
  3. Melahirkan ulama yang intelek yang memiliki kesimbangan zikir dan piker
  4. Mewujudkan Warga Negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

  • OUTPUT : PROFIL ALUMNI
    1. Mukmin, Muslim, Muhsin
    2. Komit pada perjuangan
    3. Berjiwa Guru
    4. Warga Negara yang baik