Thursday, 21 October, 2021

Sistem Pendidikan dan Pengajaran

Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Fajrussalam adalah Sistem Pendidikan tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) dengan Program satuan Pendidikan Mu’adalah, dibawah naungan Direktorat Pendidikan Diniyah dan POndok Pesantren Kementrian Agama RI. Dimana setelah terbitnya Peraturan Mentri Agama (PMA) NO. 18 Tahun 2014, Pondok Peantren dengan satuan Pendidikan Mu’adalah disamakan dengan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang berada di bawah naungan Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama.

Adapun Kurikulum TMI Pondok Pesantren Fajrussalam menggunakan Kurrikulum KMI Gontor yang dipadukan dengan Kurrikulum Kemenag dan dilengkapi dengan mengaji Kitab Kuning (Kitab Turots) sebagai program pengembangan wawasan keislaman santri.

Seluruh kegiatan di TMI Pondok Pesanteren Fajrussalam dikemas dan dilksanakan secara terpadu dan terprogram selama 24 jam dalam bentuk Integrated Curriculum. Dan seluruh santri diharapkan dapat mengikuti berbagai kegiatan Pondok Pesantren untuk menggali potensi yyang dimilikinya sekaligus sebagai bekal untuk kehidupannya di masyarakat, diantara kegiatan tersebut adalah :

  1. Ibadah yaumiyah berupa sholat jama’ah, tahajud, dhuha, membaca dan menghafal Al-qur’an dan membiadsakan shaum sunnah.
  2. Keterampilan berupa kursus komputer, membuat letter, kaligrafi, merangkai janur, dll.
  3. Kesenian berupa hadrah, marawis, nasyid, merching band, teater, pantomim, melukis, dll.
  4. Olah raga berupa futsal, bulu tangkis bola volly, bola basket, tenis meja, karate, pencak silat, gymnastic dan panahan.